Recovery Setelah Olahraga

Recovery Setelah Olahraga

Recovery Setelah Olahraga


Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan lelah setelah berolahraga seperti bersepeda, lari, dan naik gunung. Seperti badan yang lelah dan tidak bertenaga, ngantuk, otot sakit, flu, daya tahan tubuh menurun, detak jantung yang lebih tinggi dari biasanya, dan sebagainya. Salah satu penyebabnya adalah karena asam laktat yang mengumpul di otot dan kurangnya aktivitas setelah berolahraga yang biasa disebut dengan recovery atau pemulihan.

Banyak sekali cara pemulihan setelah berolahraga. Saya akan memberikan urutan cara-cara recovery yang biasa saya lakukan setelah berolahraga hingga hari sesudahnya.


1. Pendinginan Setelah Berolahraga

Setelah selesai berolahraga jangan langsung berhenti. Biasakan untuk melakukan pendinginan / warm down seperti setelah lari usahakan untuk berjalan santai terlebih dahulu sebelum berhenti agar otot dan jantung melakukan pendinginan setelah terpacu.


2. Nutrisi

Setelah berolahraga tubuh akan merasa lapar karena gula darah dalam tubuh telah terpakai saat berolahraga. Usahakan untuk makan karbohidrat cepat serap seperti nasi putih,cola, madu, dan pisang.


Ditambah dengan memakan makanan ber protein untuk mensuply "makanan" bagi otot. Sederhana saja seperti makan telur, yoghurt dan daging ayam atau sapi. Lebih baik jika meminum protein shake.


Jangan lupa untuk minum karena saat berolahraga, tubuh mengeluarkan air dalam tubuh sehingga tubuh dapat kekurangan cairan. Usahakan minuman mengandung sodium, karbohidrat, dan elektrolit. Seperti yang mudah dicari di swalayan.


Untuk pemulihan otot lebih lanjut, usahakan 30 menit sebelum tidur meminum susu protein untuk mensuply makanan otot, karena saat tidur otot kita juga perlu nutrisi untuk memperbaiki otot yang rusak.


3. Merendam Kaki di Air Es / Dingin

  Percaya atau tidak percaya, merendam kaki di air yang dingin akan membuat otot merasa lebih rileks dan dingin serta membantu proses recovery otot setelah panas dipakai olahraga.


4. Tidur

 Tidak perlu dijelaskan panjang lebar mengenai topik ini. Yang terpenting cukup tidur minimal 6 jam.


5. Berolahraga Ringan

Setelah bangun tidur, otot akan terasa kaku. Lebih baik lakukan olahraga ringan seperti bersepeda santai, jalan-jalan di mall atau taman, atau berenang agar otot tidak kaku dan memperlancar peredaran darah.


6. Mengangkat Kaki

Yang dimaksud adalah menaruh kaki lebih tinggi daripada badan (jantung). Tujuannya adalah untuk memperlancar peredaran darah agar asam laktat di peredaran darah cepat terurai. Bisa dilakukan dengan cara tidur dengan menempatkan kaki lebih tinggi dari tubuh. Biasanya kaki diberi dua bantal yang ditumpuk agar lebih tinggi.


7. Sport Massage

Jika memang anda merasa kewalahan karena otot yang sakit setelah berolahraga, lebih baik untuk melakukan sport massage. Untuk menghancurkan asam laktat yang menggumpal di otot dan peredaran darah.


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar